Fungsi Gigi Palsu

Fungsi Gigi Palsu

Berikut beberapa fungsi gigi palsu sebagaimana diolah dari berbagai sumber:

1. Kesehatan
Kondisi kesehatan jaringan rongga gigi akan terpelihara dengan baik dibandingkan dengan rongga gigi yang dibiarkan melompong. Rongga gigi yang dibiarkan melompong akan berpengaruh pada perubahan posisi gigi pada jangka panjang.

2. Percaya Diri
Rasa kepercayaan pada diri sendiri akan semakin meningkat seiring dengan perbaikan penampilan gigi, sehingga mudah bersosialisasi dalam masyarakat.

3. Mastikasi
Fungsi mastikasi adalah proses penghancuran makanan melalui pengunyahan makanan secara mekanik dengan menggantikan peran gigi asli.

4. Estetika
Fungsi estetika berhubungan dengan penampilan tubuh secara keseluruhan. Sehingga penampilan akan lebih menarik dengan penggunaan gigi palsu, terutama pada gigi bagian depan yang tampak tidak menarik apabila dibiarkan tanggal atau melompong.

5. Fonasi
Fungsi fonasi adalah fungsi pelafalan atau pengucapan kata-kata atau huruf yang mengalami perubahan bunyi akibat gigi yang tanggal.

6. Stabilitas
Struktur rongga mulut akan tetap terjaga dalam kondisi stabil. Pada bagian gigi yang tanggal biasanya gigi yang ada disebelahnya atau yang berlawanan dengan posisi gigi yang tanggal tersebut terjadi pembelokan arah gigi. Bila pergerakan gigi terjadi, susunan gigi akan menjadi tidak beraturan dan akan menimbulkan masalah lain seperti radang gusi akibat sisa makanan yang terselip.

7. Awet Muda
Terjadinya rongga terbuka pada gigi yang diakibatkan tanggalnya gigi dapat menyebabkan otot wajah terlihat kendur jika tidak ada topangan dari gigi maupun gigi tiruan. Akibatnya wajah menjadi kelihatan lebih tua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jasa pasang gigi palsu dan perbaikan gigi palsu

Jasa Pasang Gigi Palsu

Veneer Gigi